Inisiasi Kerjasama Bidang Persawitan Departemen ESL FEM IPB dengan MPOB UKM Malaysia

Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Institut Pertanian Bogor (IPB) inisiasi kerjasama dengan Fakulti Ekonomi dan Pengurusan (FEP) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), (10/12). Inisiasi ini dalam rangka mendukung IPB menuju World Class University (WCU).  

“Dalam lawatan ke Fakultas Ekonomi dan Manajemen UKM, kami diterima oleh Dekan FEP UKM, Prof. Dr. Norman Mohd Saleh (CFiA). Ada beberapa peluang kerjasama antar kedua belah pihak. Salah satunya pengembangan industri kelapa sawit yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat. FEP UKM memiliki suatu lembaga yang merupakan kerjasama antara Malaysian Palm Oil Board (MPOB).Lembaga ini diketuai oleh Assoc. Prof. Dr. Hawati Janor dan memiliki tujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang kelapa sawit. Dengan adanya MPOB UKM ini, diharapkan dapat memperkaya rencana kerjasama antara Departemen ESL dan FEP UKM,” ujar Ketua Departemen ESL, Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan, baik dengan kegiatan seminar, summer course, penelitian, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan kegiatan lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan peran Departemen ESL di kancah internasional, terutama di bidang persawitan secara luas,sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Departemen ESL menuju IPB menggapai World Class University.

Rombongan IPB yang ikut serta dalam inisiasi kerjasama ini adalah Prof. Dr. Ir. Yusman Syaukat, M.Ec, Ketua Departemen, Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, Sekretaris Departemen ESL, Dr. Meti Ekayani, beberapa dosen Departemen ESL dan 21 mahasiswa S1 dan S2 dari Departemen ESL. Adapun Ketua Tim Panitia Kunjungan Lawatan ke UKM adalah Dr. A Faroby Falatehan SP, ME.(**/Zul)