ESL IPB Gelar Kegiatan Bakti Lingkungan untuk Geopark Ciletuh

DPD HA IPB Jawa Barat dan Departemen ESL FEM IPB mengadakan acara Mitra Bina Lembaga Wisata Berkelanjutan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (20-22 April 2018). DPD HA IPB  Jawa Barat sangat bangga ketika  Geopark Ciletuh- Palabuhanratu, Sukabumi resmi ditetapkan menjadi bagian dari jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG). “ Ini merupakan sejarah baru bagi dunia pariwisata di Jawa Barat.” Ucap Hana Hawi Arifin Ketua DPD HA IPB Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang hadir dalam acara ini mengatakan “Proses penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan geopark global Unesco (UGG) terbilang cepat. Biasanya proses yang ditempuh sepuluh tahun setelah penetapan geopark nasional, namun untuk ciletuh hanya butuh 3 tahun.”

Setelah di tetapkan, dibutuhkan komitmen semua pihak agar memelihara destinasi wisata yang telah ada. Terlebih syarat utama sebuah geopark internasional, yaitu pelestarian geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity. 

Ketua Departemen ESL FEM IPB Ahyar Ismail mengatakan “Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di Jawa Barat IPB terpanggil untuk bersumbangsih terhadap Geopark Ciletuh. Peran dunia kampus atau perguruan tinggi (PT) penting strategis dalam mengembangkan dan memajukan dunia pariwisata Indonesia, khususnya dalam memberi kontribusi sumber daya manusia (SDM). IPB menjawab tantangan ini dengan adanya Keberadaan Prodi Ekowisata di PSDKU IPB Sukabumi. Insya Allah Geopark Ciletuh akan dijadikan Laboratorium Lapang Prodi Ekowisata.” Ucapnya saat membuka acara ini.

Acara ini diikuti oleh 300 orang peserta melakukan kegiatan clean up (bersih-bersih) dan penghijauan pantai Pantai Palangpang  dan mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. “Terima kasih buat IPB yang mau mengadakan bakti lingkungan di Ciletuh” ucap Ujang Tokoh masyarakat setempat.(PG)