Departemen ESL, FEM IPB telah menyelenggarakan penandatanganan kesepakatan dengan Bank Sampah Srikandi Berdikari

Departemen ESL, FEM IPB telah menyelenggarakan penandatanganan kesepakatan dengan Bank Sampah Srikandi Berdikari (BSSB). BSSB merupakan bank sampah bentukan ESL FEM IPB di desa mitra Pasarean Pamijahan Bogor serta dilakukan pelatihan merajut plastik oleh Ibu Swi Wahyuni (Merajut Indonesia) dan Bazaar serta Pameran berbagai produk olahan sampah an organik. Kegiatan ini juga didukung oleh Ibu-Ibu Agrianita Departemen ESL dan juga Komisi Penelitian.

Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM IPB) memandang bahwa kegiatan pemberdayaan desa mitra di sekitar Kampus IPB merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dalam upaya mencapai “Go Green with Waste Management” Departemen ESL, FEM IPB telah menyelenggarakan penandatanganan kesepakatan dengan Bank Sampah Srikandi Berdikari (BSSB). BSSB merupakan bank sampah bentukan ESL FEM IPB di desa mitra Pasarean Pamijahan Bogor. Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan pada Jumat, 21 September 2018 di Departemen ESL, FEM, Kampus IPB Dramaga.

Selama ini hubungan kemitraan Departemen ESL dan Desa Pasarean sebagai desa mitra Sebagai lab lapang ESL, telah menghasilkan 4 skripsi mahasiswa S1, kunjungan mahasiswa asing, sebagai trainer kuliah pmbekalan KKN, menjadi rujukan PKM, dan menghantarkan desa pasarean menjadi juara. Kedepannya diharapkan BSSB dapat dikembangkan sebagai koperasi lingkungan, yang dapat memotivasi petani dan masyarakat di desa pasarean untuk peduli kelola lingkungan, sesuai konsep ESL dan rencana ketua BSSB ibu Hamida.

Kegiatan ini mengangkat tema “Go Green with Waste Management” dan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti: Basiba (Bank Samaph Berbasis Aparatur) Kota Bogor, Ibu Sri Wahyuni atau Ibu Ncie dari Merajut Indonesia, Mahasiswa Himpro Departemen ESL yaitu REESA (Resource and Environmental Economics Student Assosiation) dan Agrianita Fem serta Agrianita IPB.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pengolahan sampah. Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen menyatakan dukungannya terhadap tindak lanjut kerjasama ini melalui fasilitasi proses produksi produk olahan sampah anorganik (plastik) dan juga proses pemasaran produk-produk yang akan dihasilkan oleh BSSB. Dalam kegiatan ini juga dilakukan inisiasi kerjasama antara ESL, Agrianita FEM dan BSSB untuk produksi alat kantor dan seminar dari bahan sampah plastik kemasan yg akan dipasarkan di kantor lingkup FEM untuk tahap awal. ESL akan memfasilitasi pelatihan dan peralatan, Agrianita FEM akan membantu pemasaran, dan BSSB akan memproduksinya. Selain itu, dukungan juga diberikan oleh pihak agrianita FEM dalam bentuk kontrol terhadap kualitas produk yang akan dihasilkan BSSB.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelatihan merajut plastik oleh Ibu Swi Wahyuni (Merajut Indonesia) dan Bazaar serta Pameran berbagai produk olahan sampah an organik. Kegiatan ini juga didukung oleh Ibu-Ibu Agrianita Departemen ESL dan juga Komisi Penelitian, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Departemen ESL yang akan menjadi penggerak prorgam kerjasama dengan Pihak BSSB. (AFL)