Departemen ESL Sosialisasi Daur Ulang Sampah di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat Departemen ESL (Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan) Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University bekerjasama dengan PT.SMI (PT. Sarana Mitra Infrastruktur) memberikan pelatihan bertema tentang lingkungan di desa Pasarean Kec. Pamijahan Kab. Bogor pada Sabtu, (29/02) kemarin.

Pelatihan yang dibuka oleh Ketua Departemen ESL Dr.Ir.Ahyar Ismail,M.Agr ini diikuti oleh para ibu,  bapak hingga remaja di sekitar desa yang tertarik tidak hanya untuk menjadikan sampah sebagai sektor bisnis, tetapi juga sebagai para pemerhati lingkungan. 

Pada pelatihan ini diberikan materi awal tentang Kelembagaan  bank sampah, materi ini disampaikan oleh Sekertaris Departemen ESL IPB, Dr. Meti Ekayani, S.Hut, M.Sc. Menurut Dr. Meti, materi tersebut diberikan sebagai overview kepada masyarakat melihat antusias para warga sekitar untuk memperkuat bank sampah yang mereka miliki. Sebagai informasi tambah Dr. Meti, Desa Pasarean adalah merupakan desa Mitra Departemen ESL, di desa ini telah terbentuk bank sampah bernama Srikandi Berdikari,  yang mana, pembentukan bank sampah tersebut pun digagas oleh departemen ESL bersama para ibu di lingkungan desa ungkapnya.

Selain penyampaian materi kata Dr. Meti, disini juga diadakan pelatihan pemanfaatan sampah plastik, seperti kantong keresek  menjadi barang kerajinan dengan mendatangkan trainer dari Kertabumi Klinik Sampah, Bintaro Kota Tangerang Selatan

Dr. Meti menambahkan, para ibu dilatih membuat barang  kerajinan dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia di rumah yaitu kantong kresek dan setrika listrik. Beberapa barang kerajinan yang dihasilkan pada pelatihan kali ini antara lain tas belanja, pouch kosmetik dan kantong HP.
 

Berita Terkait...